TEXT WIDGET

Cara buat prosedure center form

Cara buat prosedure center form
Sebelum melanjutkan pembuatan form, disini saya akan membagikan satu function lagi. sebelumnya cara mengkoneksikan database dengan berbagai cara sekarang dilanjutkan dengan membahas fuction form.

Secara default, ketika kita mencoba membuat form di Visual Basic 6 dan menjalankannya, maka form itu akan terbuka secara sembarangan, biasanya di sebelah kiri pojok atas. Jika kita membuat aplikasi dengan profesional looking, tentu hal ini tidak bagus. Kita harus mengaturnya dengan letak yang baik, tepat di tengah layar misalnya. Nah di artikel ini saya akan berbagai satu function yang akan membuat form kita terbuka tepat di tengah layar. Function ini sangat sederhana, kita akan menggerakan form ini ke koordinat tengah layar.
Logika dari function ini adalah mengambil lebar layar dikurangi dengan lebar form nya lalu di bagi 2. Tentu hal akan membuat sudut kiri form akan di letakan dimana ‘sisa’ space kosong sebelah kiri dan kanan form akan memiliki lebar yang sama. Untuk tinggi form juga akan di gerakan dengan perhitungan yang sama.
Nah, berikut adalah function bentuk jadinya.
Sub TengahkanPersis(f As Form)
' Tengahkan form yang anda maksud
f.Move (Screen.Width - f.Width) \ 2, ((Screen.Height - (f.Height)) \ 2)
End Sub
Untuk menggunakan form itu, letakan di prosedur Form_Load. Jadi begitu form terbuka, function TengahkanPersis akan di panggil dan akan meletakan form anda di tengah-tengah layar. Berikut contoh pemanggilan function ini.
Private Sub Form_Load()
'/tengahkan form
TengahkanPersis Me
'/baris berikut isi dengan function yang lain.
End Sub

Sampai disini sudah mengerti kan apa yang saya maksud, letakkan function ini pada module supaya bisa dipanggil disetiap form.
untuk function yang lain akan saya bahas di artikel selanjutnya.
Semoga membantu...
Link Download Contoh project, [.dll],[.ocx]


Artikel terkait :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

aslam.. mas agus bisa kirim tutorial dasar visual basic6 ga maske email saya?saya pengen belajar vb6 tp sama sekali belum mengerti.. emailnya : danieramdan22@gmail.com makasihh mas agus..

Unknown mengatakan...

Maaf mas danie...
saya tidak memiliki tutorial lengkapnya, tpi ini saya ada sedikit tutorial yang mungkin bisa disimak sebagai dasar acuannya...dan untuk mempelajari lebih lanjut silahkan untuk banyak mencoba dan jangan takut gagal...

berikut link downloadnya :

http://www.ziddu.com/download/21457611/Tutorial.pdf.html

sukses slelalu...

Posting Komentar

Say: Berkomentarlah dengan baik dan sopan...dan jangan gunakan SPAM untuk blog ini...Terima kasih [by.admin]