TEXT WIDGET

Pencarian | Searching Item Listview vb6

Assalamualaikum wr.wb
Sesaat yang lalu saya mendapat email [By phone email] dari temen saya yang menanyakan bahwa :
[EMANG BISA LISTVIEW DATA ITEM YANG ADA DI SUBITEMS BISA DI SEARCHING ?]
Kira-kira begitu pertanyaannya, dengan tanpa basa-basi saya langsung menyempatkan waktu sebentar untuk coding program, tempo beberapa menit dengan pengetahuan yang saya dapat dari mbah google akhirnya pertanyaan itupun terjawab.

Hanya memanfaatkan beberapa komponen dan referensi sebagai bahan uji coba saya, Adalah : 

Buat form standart .Exe, tambahkan satu buah listview dan satu buah textbox untuk controlnya. 

Referensi : [Aktifkan]  
Microsoft ActiveX Data Objects 2.1 Library 
Komponen : “Aktifkan” 
Microsoft Common dialog Control 

Setelah selesai saya mulai mengoprek tentang listview, Nah berikut hasil dari kerja keras saya. 
Dari sini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Coding saya tersebut. 

Searching item listview ini sangat simple dan mempermudah pengguna / user dalam seaching (find item) dengan menampilkan seluruh data table tanpa menggunakan event fitering listview, 
Dengan ini system akan bekerja mencari data yang ada di listview yang disesuaikan dengan isi dari textbox, Apabila system menemukan data maka akan setfocus pada subitem tersebut dan merubah fore color text. 
Tujuan dari merubah fore color supaya user langsung bisa membedakan item yang dicari sekaligus memanfaatkan event ItemClick supaya bisa langsung ditampilkan pada texbox. 

Berikut Source Codenya : 


Sub FindLvw()
Dim itm1 As ListItem
Dim warna As String
Dim R As Long
Dim r1 As Long
Dim r2 As Long
warna = &HFF&

On Error Resume Next
With ListView1
Set itm1 = Nothing
Set itm1 = .FindItem(Text, lvwSubItem, , lvwPartial)
If Not itm1 Is Nothing Then
.ListItems(itm1.Index).Selected = True
    For R = 1 To .ListItems.Count
        If .ListItems(R).SubItems(4) = bR Then
            For r1 = 1 To .ListItems(R).ListSubItems.Count
            .ListItems(R).ListSubItems(r1).ForeColor = vbRed
             Next r1
        Else
            For r2 = 1 To .ListItems(R).ListSubItems.Count
            .ListItems(R).ListSubItems(r2).ForeColor = vbBlack
             Next r2
        End If
    Next R
.Refresh
.SetFocus
itm1.EnsureVisible
Else
MsgBox "Location not Found !", vbInformation
bR = ""
End If
End WithEnd Sub


Untuk Menampilkan datanya tidak saya lampirkan akan tetapi bisa di lihat disini 

Menampilkan data listview vb6 commoncontrol

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

Link Download Contoh project, [.dll],[.ocx] 


 


Artikel terkait :

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Kok ga bsa ya pak??

priyantoagoes mengatakan...

Gak bisanya dimana...?bisa diperjelas lagi kah....!

z1d3n1 mengatakan...

Mak Nyus Mas Kodingnya. 10 Jempol buat mas agoes. 100% work.. update terus artikelnya..

Posting Komentar

Say: Berkomentarlah dengan baik dan sopan...dan jangan gunakan SPAM untuk blog ini...Terima kasih [by.admin]